Popular Posts

Monday, March 10, 2014

7 Fakta Unik Danau Tiga Warna Kelimutu


1. Kelimutu merupakan gabungan dari "Keli" yang berarti gunung dan kata "Mutu" yang berarti mendidih.

3. Di puncak Gunung Kelimutu inilah terdapat 3 sisa kaldera yang mencerminkan perpindahan puncak erupsi. Ketiga kaldera itu membentuk danau kawah dengan warna air dan diameter bervariasi. Ketiganya adalah Tiwu Ata Polo (Danau Merah), Tiwu Nua Muri Koo Fai (Danau Hijau) dan Tiwu Ata Mbupu (Danau Biru).

2. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

4. Danau-danau ini kadang berwarna merah lalu bisa berubah menjadi coklat tua, hitam, biru atau hijau tosca perubahan warna ini terjadi karena beberapa faktor seperti aktivitas gunung vulkanik pembiasan cahaya Matahari dan biota air tertentu.

5. Warna-warna yang ada di dalam danau Kelimutu memiliki arti masing-masing. Danau Tiwu Ata Polo adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang-orang yang telah meninggal dan selama dia hidup selalu melakukan kejahatan, Danau Tiwu Nua Mori Koo Fai adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal dunia, dan Danau Tiwu Ata Mbupu adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang-orang tua yang telah meninggal dunia.

6. Luas dari ketiga danau ini sekitar 1 juta meter persegi dengan volume airnya mencapai sebesar 1,2 juta meter kubik danau ini dibatasi dinding batu yang cukup sempit dan mudah longsor dindingnya juga sangat terjal dengan sudut kemiringannya mencapai 70 derajat.

7. Daerah ini ditemukan oleh Van Such Telen pada tahun 1915. Keindahannya dikenal luas setelah Y.Bowman melukiskan dalam tulisannya pada tahun 1929.

1 comment:

  1. Sayang sekali kalau hidup ini dilalui tanpa mengambil kesempatan untuk menikmati ciptaan Tuhan yang tersaji di tanah air kita tercinta, Indonesia Raya. Percayakan rencana perjalanan wisata Anda ke Taman Nasional Komodo dan Flores kepada Pesona Komodo Tours & Travel. Deskripsi lengkap ada di www.wisatakekomodo.com

    ReplyDelete